Urgensi Belajar Matematika Dalam Meningkatkan Kemampuan
Membaca Al-Qur’an
Santriwan membaca Al-Qur'an |
Dari judul artikel yang saya buat ini, saya ingin
menunjukkan kepada teman – teman atau semua pembaca yang budiman ini,
bahwasanya antara kedua faktor yang saya paparkan diatas sangatlah berkaitan.
Kalau dilihat secara sekilas, maka akan terbesit unek-unek
yang tidak lazim, kok bisa ilmu matematika bisa meningkatkan kemampuan
membaca?? Dari mana korelasinya ??
Nah, inilah yang akan menjadi salah satu acuan dalam artikel
yang satu ini.
Langsung saja ea, secara global, ilmu matematika adalah ilmu
berhitung, dan membaca al-qur’an adalah kegiatan membaca kitab suci umat islam,
dan akan mendapatkan pahala atas apa yang telah dibaca tersebut.
Dalam mini observasi yang saya lakukan adalah, saya membuat
penelitian terhadap anak didik saya dalam kelompok membaca al-qur’an. Kebetulan
saya menjadi pembimbing salah satu kelompok yang ada di SMA Trensains
Tebuireng. Dari beberapa anggota
kelompok yang saya bina, terdapat banyak sekali yang sudah bisa membaca al-qur’an
dengan lancar, bahkan dengan bacaan yang sudah bagus disertai dengan lagu yang
khas. Dari semua anggota yang saya bina, terdapat 20 persen anak yang kurang
lancar dalam membaca al-qur’an, dalam artian, mereka sudah bisa membaca al-‘qur’an,
hanya saja tempo / waktu yang dibutuhkan dalam membaca lebih lama dari
teman-teman mereka yang berjumlah 80 persen tersebut.
Dalam kasus ini, saya menunjukkan urgensi belajar matematika
dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Mereka saya beri informasi,
bahwasanya dengan Matematika, mereka akan bisa meningkatkan kemampuan membaca
al-qur’an, lagi – lagi muncul pertanyaan : “ KOK BISA ???””
Inilah tantangan yang harus saya jawab.
Benar saja, ilmu matematika adalah ilmu yang sangat
universal, mempunyai banyak sisi yang bisa kita pelajari dan kita aplikasikan
dalam kehidupan sehari-hari. Disini saya lebih senang menggunakan istilah : “
SELISIH / PENGURANGAN”, dan “FREKUENSI”.
Dalam mini observasi yang saya lakukan, mereka saya minta
untuk membaca beberapa ayat yang saya tentukan, dari sini, saya bisa mengetahui
kecepatan mereka dalam membaca al-qur’an dari masing-masing anggota kelompok.
Langkah berikutnya, saya catat semua hasil mereka, saya
buatkan tabel. Dan saya bisa mengetahui rata-rata kecapatan santri tadi dalam
membaca, nilai tertinggi ataupun nilai terendah dari masing – masing anggota
kelompok.
Dari sini, saya berikan FREKUENSI yang lebih untuk membaca kepada
anggota kelompok yang mempunyai kecepatan rendah, mereka saya minta melakukan pembacaan
berulang-ulang sembari menunggu anggota yang lain membaca.
Anggota yang mempunyai kemampuan rendah, saya beri
kesempatan untuk membaca terlebih dahulu, kemudian baru berganti kepada anggota
lain yang mempunyai kecepatan tinggi, barulah diakhir giliran, saya berikan
kesempatan kepada anggota yang mempunyai kecepatan rendah untuk membaca lagi,
dan alhasil. Saya dapatkan nilai yang sungguh mencengangkan....
Berikut hasil
lengkapnya :
Tabel Hasil Kecepatan Membaca Al-Qur'an
|
|||||
Surat Al-Qashash Ayat : 19 s/d 21
|
|||||
Dibaca Dengan Tartil
|
|||||
No
|
Nama
( Samaran )
|
Kecepatan
Baca (Menit )
|
Urutan
|
Selisih
|
Keterangan
|
1
|
Ahmad
|
00:02:19
|
1
|
|
20 Persen anggota kelompok yang memiliki
kemampuan rendah, diberikan kesempatan 2 kali baca, diawal dan diakhir
giliran.
|
2
|
Sulaiman
|
00:02:10
|
2
|
|
|
3
|
Fatih
|
00:00:56
|
3
|
|
|
4
|
Habib
|
00:00:48
|
4
|
|
|
5
|
Muhammad
|
00:00:50
|
5
|
|
|
6
|
Santoso
|
00:00:36
|
6
|
|
|
7
|
Abidzar
|
00:00:58
|
7
|
|
|
8
|
Fikri
|
00:00:55
|
8
|
|
|
9
|
Bagus
|
00:00:56
|
9
|
|
|
10
|
Firman
|
00:00:46
|
10
|
|
|
11
|
Sulaiman
|
00:01:40
|
11
|
00:00:30
|
|
12
|
Ahmad
|
00:01:53
|
12
|
00:00:26
|
|
Nilai Tercepat
|
00:00:36
|
||||
Nilai Terendah
|
00:02:19
|
||||
Nilai Rata-rata
|
00:01:14
|
Dari hasil diatas, bisa kita lihat, bahwasanya Frekuensi
yang tinggi dalam membaca al-qur’an akan
meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Ini sungguh menakjubkan.
Silahkan dishare artikel ini, agar semua orang tahu, tentang
Urgensi Belajar Matematika.
Post a Comment